Entri Populer

Kamis, 07 Oktober 2010

Tips membuat Cup Cake

  Membuat cup cake agar berhasil baik, pada dasarnya sama saja dengan membuat jenis cake lain. Cup cake sendiri ada yang terbuat dari lemak padat (butter cake) dan lemak cair (semi butter cake). Dibawah ini hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat cup cake.


1. Letakkan cup cake/mangkok kertas sesuai dengan ukuran dan bentuk loyang agar cake tidak berubah bentuk atau melebar.
2. Isi adonan 3/4 loyang agar pada saat dipanggang adonan tidak meluber karena terlalu penuh.
3. Jika Anda membuat cup cake dalam jumlah banyak dan ingin rapi pada saat pengisian adonan ke dalam loyang, gunakan saja kantong semprot (piping bag).
4. Karena ukuran cake yang mungil, cake akan cepat matang. Panggang cake dalam waktu singkat dalam waktu 15 menit dengan suhu oven 170 derajat celcius.
5. Jangan memanggang cake dalam suhu yang terlalu rendah, karena cake akan mengering seperti biskuit. Tetapi juga jangan terlalu panas, karena akan membuat cupcake/ mangkuk kertas akan menjadi 'gosong' dan menimbulkan aroma 'sangit' yang nantinya berpengaruh pada aroma cake.
6. Cake yang sudah matang jangan didinginkan dengan kipas angin, karena akan membuat permukaan cake akan menjadi kering. cukup diangin-anginkan saja dengan cara diletakkan pada rak kawat khusus cake.
7. Kemas cake dalam boks tertutup agar tidak mengering. Untuk variasi cup cake lainnya, jangan ditumpuk karena cup cake akan berubah bentuk.
8. Sisa cake dapat dipanaskan dengan kukusan, bila ingin lebih empuk. Bungkus dengan aluminium foil jika ingin akan dihangatkan dengan microwave atau oven. Cara ini menjamin cake tetap lembut dan tidak terlalu kering.
9. Siapkan krim olesan atau isian dalam tempat terpisah, sajikan berdekatan bila akan digunakan untuk sarapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar